Sepatu Bertumit Tinggi Kini Menjadi Pilihan Favorit Bagi Para Wanita Masa Kini

Kalau berbicara mengenai sepatu wanita akan langsung dihubungkan dengan sepatu bertumit tinggi, beberapa orang menyebutnya high heels. Sepatu jenis ini memang sudah ada sejak lama dan tentunya menjadi model favorit kaum Hawa. Modelnya sendiri sangatlah banyak, ditambah lagi tinggi tumit yang juga beragam. Paling rendah umumnya 3 cm dan bahkan ada yang mencapai 15-17 cm, sehingga ketika dipakai seketika tubuh akan nampak tinggi menjulang. Meskipun masih menjadi perdebatan mengenai aman tidaknya memakai sepatu bertumit, namun kondisi di lapangan menunjukan peminatnya masih sangat tinggi.

Sepatu bagi wanita memang sudah menjadi kebutuhan wajib, bedanya jika dulu sepatu lebih dikhususkan untuk tujuan melindungi kaki saat melangkah. Kini fungsinya lebih melebar sebab dengan desain sepatu yang dibuat sangat menarik menjadikannya sukses menunjang penampilan. Modelnya pun kini bisa disesuaikan dengan jenis acara yang didatangi, maka muncul istilah sepatu santai atau casual dan sepatu pesta maupun kebutuhan formal. Setiap wanita seolah memiliki naluri alami untuk membedakan mana sepatu kerja dan mana sepatu untuk jalan-jalan.

Kembali lagi pada jenis sepatu bertumit tinggi, sepatu satu ini memang menjadi idaman atau favorit bagi kalangan wanita. Sampai saat ini masih banyak praktisi kesehatan yang menyarankan untuk menghindari pemakaian sepatu bertumit tinggi secara berlebihan. Kemudian wajib dihindari sama sekali bagi wanita yang memiliki penyakit pada kaki maupun punggung. Demikian pula pada wanita hamil, sangat dianjurkan tidak memakai sepatu bertumit sebab bisa menimbulkan resiko buruk bagi kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan.

Alasan Banyak Wanita Suka Memakai Sepatu Tumit Tinggi

Terlepas dari pro dan kontra, ternyata peminat sepatu bertumit tinggi sangat besar tidak peduli kalangan pesohor atau selebritis sampai rakyat jelata menyukainya. Kira-kira apa yang menjadi penyebabnya? Padahal jika memperhatikan resiko dari pemakaian sepatu ini tentu sangat mengerikan. Rupanya berdasarkan sebuah survei, banyak alasan yang membuat sepatu dengan tumit berukuran belasan sentimeter ini sangat laku di pasaran. Berikut merupakan alasan yang kerap diungkapkan oleh penggemarnya:

  1. Mengoreksi bentuk kaki,

Sepatu dengan model tumit lumayan tinggi memang banyak dipilih kaum wanita, demi tujuan menunjang penampilan. Pasalnya dengan tumit yang didesain tinggi dan lancip di bagian ujung bawah mampu mengoreksi bentuk kaki. Tentunya efek ini hanyalah berupa ilusi yang membuat kaki nampak lebih jenjang dan juga ramping. Memakai sepatu bertumit tinggi alhasil sering dilakukan setiap kali keluar rumah apabila merasa kurang percaya diri dengan bentuk kaki alaminya. Dibanding operasi plastik, alternatif ini tentu lebih hemat dan aman.

  1. Mengoreksi tinggi badan,

Salah satu alasan yang sering disampaikan wanita mengapa memilih sepatu bertumit tinggi ini adalah untuk membantu mendongkrak tinggi badan. Sebab secara umum orang akan lebih senang dan percaya diri ketika tubuhnya tinggi semampai. Beruntung bagi kaum wanita yang bisa menggunakan sepatu bertumit untuk bisa tampil lebih tinggi namun tetap nyaman bergerak. Bandingkan dengan kaum pria yang hanya bisa pasrah ketika tubuhnya pendek, maka jangan lupa memilih sepatu bertumit yang nyaman supaya enak dipakai seharian.

  1. Membantu memperbaiki gerakan langkah kaki,

Konon banyak pria berkata, ketika melihat wanita memakai sepatu high heels maka seolah mereka berjalan dengan cantik. Tak bisa dipungkiri bahwa dengan memakai sepatu bertumit tinggi ini seorang wanita akan mampu berdiri dengan tegak. Sehingga ketika memiliki masalah dengan langkah kaki yang lumayan canggung bisa dibantu dengan sepatu bertumit. Ketika punggung tegak maka akan membantu mempercantik langkah kaki dan badan terlihat menarik secara keseluruhan. Namun, imbangi dengan memilih model sesuai selera agar percaya diri memakainya.

  1. Menjadikan penampilan lebih menarik,

Sepatu bertumit tinggi memang selalu sukses memperbaiki penampilan setiap wanita yang memutuskan untuk memakainya. Sebab sepatu satu inilah yang membantu wanita manapun bisa berjalan dengan tegak. Ketika nyaman dan modelnya pas dengan bentuk kaki maka bisa meningkatkan rasa percaya diri. Efeknya setiap kaki melangkah terlihat mantap, bukan keragu-raguan sehingga sering dijadikan andalan oleh wanita karir. Sebab sepatu bertumit sendiri memang sangat cocok menunjang penampilan formal di tempat kerja atau usaha.

  1. Tampil lebih anggun dan berkelas,

Memakai sepatu dengan tumit yang menjulang ternyata juga kerap membuat pemakainya nampak anggun dan berkelas. Tentu wajar sebab tidak semua wanita percaya diri dan mampu memakainya. Sebab kalau belum terbiasa maka akan suka terpeleset dan terjatuh, kalau sudah begini maka badan akan remuk sendiri. Perempuan dengan sepatu bertumit nampak lebih anggun dan berkelas jika dibandingkan dengan perempuan yang memakai sepatu tumit datar. Meski kembali lagi soal selera dan kenyamanan, namun sepatu bertumit memang punya efek demikian.

  1. Memberikan kesan tubuh lebih ramping,

Melihat wanita dengan tinggi badan semampai dan postur yang tegak maka akan selalu diberi predikat ‘menarik’ oleh siapa saja yang menjumpainya. Memperoleh tubuh yang tinggi tentu lumayan susah terlebih jika memang secara alami terlahir pendek. Sepatu bertumit bisa dijadikan solusi, sebab selain membuat tinggi badan naik secara instan rupanya juga memberi ilusi tubuh lebih ramping. Sepatu bertumit akan membuat kaki lebih ramping, dan efeknya bisa sampai ke seluruh badan. Namun jangan terlalu tinggi juga, sebab perlu memilih sesuai kebutuhan.

  1. Baik untuk kebutuhan profesional,

Wanita yang tampil percaya diri memakai sepatu bertumit memang masih didominasi oleh kalangan wanita karir. Sebab sepatu jenis ini memang selalu menunjang kebutuhan profesional sehingga selalu diminati sampai kapanpun. Misalnya saja ketika perlu melakukan presentasi maka jika keseharian suka memakai sepatu flat shoes. Pada kesempatan tersebut akan memilih memakai sepatu bertumit tinggi karena memang memberi kesan profesional. Efeknya pun baik bagi psikis sebab bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri mempresentasikan materi.

Sepatu bertumit tinggi memang efek negatifnya bisa langsung dirasakan oleh pemakainya, misalnya ketika dipakai lama kaki mudah pegal bahkan kram saat malam hari. Tentunya fakta ini sudah diketahui publik dan untuk mengakalinya perlu dibatasi pemakaian sepatu wanita jenis ini. Dianjurkan tidak melebihi 6 jam pemakaian, sehingga perlu membawa sepatu ganti di tas saat memakainya beraktivitas di luar rumah. Kebiasaan ini juga dilakukan oleh wanita kantoran yang menyediakan sepatu bertumit rendah saat sudah di dalam kubikel kantor.

Demi kenyamanan banyak pula wanita yang menyukai sepatu model tumit tinggi ini memilih produk bermerek. Meski mahal dan beberapa menginjak angka belasan juta, namun rela dilakukan karena memang memberi kenyamanan lebih. Menariknya berbekal sepatu bermerek kadang kepercayaan diri akan lebih meningkat tajam.

Sumber Gambar :
Bobobobo –> https://www.bobobobo.com/id/brand/christin-wu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *