Reebok Luncurkan Sepatu dengan Berbahan Dasar Tumbuhan yang di Daur Ulang

Reebok adalah perusahaan kebutuhan olahraga yang didirikan pada tahun 1895 dengan nama J.W. Foster and Sons di Bolton, Lancashire, Inggris. Kemudian perusahaan tersebut mengganti namanya menjadi Reebok dan mulai menjadi anak perusahaan dari brand Adidas sejak tahun 2005. Tempat produksi terletak di Canton, Massachusetts, Amerika dengan pusat regional di Amsterdam, Montreal, Hong Kong, dan Mexico City.

Reebok DuPont Tate and Lyle Bio Products
Reebok promoted its new “plant-based” footwear project via a YouTube video | Source images : The Business Journals

Reebok sudah sering menjalin kolaborasi-kolaborasi apik dengan brand dan artis ternama. Belum lama ini, Reebok baru saja merilis sepatu dengan inisiatif, Reebok membuat sepatu dengan bahan dasar tumbuh-tumbuhan yang terbuat dari jagung dan kapas. Dalam video teaser yang diluncurkan oleh YouTube resmi Reebok, alasan penggunaan material ini tentunya untuk menjaga ekosistem lingkungan, Reebok ingin menghadirkan produk yang sustainable. Dengan nama NPC UK C (Cotton) + C (Corn), sepatu ini dibandrol dengan harga $95 USD atau sekitar Rp1,3 jutaan. Inovasi ini tentu saja dinilai positif, pada bagian atas sepatu desain yang dibuat seperti jaring-jaring dibuat 100% dari kapas. Untuk bagian sol, material utama yang digunakan adalah dari jagung.

Source images : lucabacchetti.com
Source images : biobasedworldnews.com

Dengan bahan yang didaur ulang ini, sepatu ini menggantikan outsole karet yang berbahan dasar minyak bumi dengan alternatif turunan dari jagung yang sudah diolah. Atas hasil kerjasama Reebok dengan DuPont Tate dan Lyle Bio Products, hasil 100% tekstil bio-based dengan sertifikat USDA dengan julukan Susterra Propanediol. Insole di sepatu berasal dari minyak biji jarak yang memastikan bahwa sneakers ini 100% green dan motif rajutan ini adalah bahan daur ulang.

Baca juga: Lihat Sepatu Kolaborasi mastermind JAPAN Dengan Onitsuka Tiger

Source images : static.dezeen.com
Source images : peoplescollective.com.au

Head of Reebok Future memberi statement bahwa biasanya seluruh sepatu olahraga menggunakan bahan petroleum untuk membuat karet sintesis dan busa pada sepatu. Dan setiap tahunnya, paling tidak terdapat 20 miliar sepatu yang diproduksi. Maka dari itu, Reebok menggunakan tumbuh-tumbuhan dibandingkan memakai minyak. Dengan menggunakan bahan yang sustainable yang telah melewati tahap uji coba, Reebok berhasil menghadirkan sepatu yang terbuat dari tanaman berkualitas seperti sneakers pada umumnya.

Untuk membungkusnya, perusahaan membungkus tiap pasang sepatu dalam kemasan 100% daur ulang. Siapa sangka sepatu dengan bahan dasar tanaman ini mampu membuat Anda merasa keren? Meskipun belum untuk berlari dengan kinerja tinggi, namun kombinasi dengan bahan ini memiliki estetika yang dapat digunakan sehari-hari yang ramah lingkungan. Saat ini, kesadaran konsumen terhadap peduli lingkungan memang sudah banyak, namun penting untuk para produsen sepatu untuk menciptakan fitur seperti ini. Dibuat baik untuk pria maupun wanita, Reebok mencantumkan grafik konversi ukuran di halaman produk.

Bait x Stranger Things x Ghostbusters x Reebok Ex-O-Fit Clean Hi
Bait x Stranger Things x Ghostbusters x Reebok Ex-O-Fit Clean Hi | Source images : Footwear News

Baca Juga: Fans dari ‘Stranger Things’ Harus Punya Sepatu Reebok yang Satu Ini!

Reebok juga menghindari penggunaan pewarna untuk menjaga kredibilitas ramah lingkungan untuk sneakers ini. Meskipun Reebok belum memberi petunjuk kapan sepatu ini akan memiliki lebih banyak pilihan, namun ini adalah langkah baik dan positif untuk membantu keseimbangan hayati yang ada di dunia. Sepatu ini jauh lebih berkelanjutan dari pada sepatu NPC UK yang sebelumnya, dampak lingkungan yang rendah sekarang bisa menjadi nilai jual, dan Reebok mampu mengusahakan untuk melindungi planet ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *