Inilah Tanda-tanda Orang Tua Sudah Mulai Butuh Perawat Lansia dan Cara Memilih yang Terbaik

Tidak bisa dipungkiri jika seandainya memasuki usia tua, kondisi kesehatan memang sering kali bermasalah, mulai dari energi yang sudah berkurang sampai dengan penyakit-penyakit dalam yang bermunculan karena gaya hidup ketika masih muda terbilang buruk, jarang olahraga atau pola makan yang tidak sehat. Sehingga banyak kemudian yang hanya bisa duduk diam di rumah. Bahkan tidak jarang diantaranya yang hanya bisa terbaring di atas ranjang. Dengan alasan tersebutlah jasa perawat lansia sekarang ini banyak dibutuhkan.

Tentunya jasa semacam ini tak hanya dibutuhkan di liar negeri saja, melainkan di Indonesia sendiri faktanya ada banyak sekali diantara orang-orang yang membutuhkan bantuan dari tenaga medis tersebut. Bukan tanpa alasan, melainkan karena mereka umumnya tidak mampu merawat sendiri orang tuanya, karena berbagai macam faktor, mulai dari kesibukan bekerja ataupun yang lainnya, sehingga mau tidak mau harus mengandalkan jasa dari luar. Hanya saja tidak bisa dipungkiri jika seandainya mencari jasa semacam ini juga tidak semudah yang dibayangkan.

Sering kali pastinya Anda menemukan beberapa macam kasus seperti perawat yang tidak memperlakukan dengan baik pasiennya, atau kinerja yang kurang terampil. Jadi sebelum menjatuhkan pilihan, setidaknya berikut ini ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan jasa perawat dari luar tersebut, diantaranya adalah:

1. Memiliki kemampuan cepat beradaptasi dengan pasiennya, sayangnya memang tidak semua orang memiliki kemampuan atau bekal yang satu ini. Jika bukan perawat yang memiliki kemampuan dalam beradaptasi dengan lansia, maka akan sangat sulit untuk merawat mereka kedepannya. Apalagi setiap lansia memiliki karakter yang berbeda-beda, ada diantaranya yang penurut dan juga mudah untuk diatur, namun tidak jarang juga diantaranya yang sulit untuk diatur. Sehingga paling tidak sifat bawaan untuk beradaptasi dengan pasien adalah hal utama yang harus mereka miliki.

2. Dapat berkomunikasi dengan baik, komunikasi adalah bagian utama yang penting untuk membangun hubungan yang baik antara lansia dan juga perawat tersebut. Jika perawat saja tidak memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara baik, tentunya akan kesulitan untuk saling berbicara atau melontarkan pertanyaan yang mudah dimengerti oleh lansia tersebut.

3. Dapat menyerap informasi yang diberikan oleh lansia kemudian menceritakannya sendiri, memang tak jarang diantaranya anak-anak dari lansia tersebut yang nantinya akan melihat perkembangan orang tua mereka, apalagi yang sudah menderita demensia. Nantinya perawat harus mampu untuk menjadi pendengar yang baik, kemudian menceritakan kembali apa yang terjadi pada pasiennya kepada anak-anak mereka.

4. Sabar dengan sifat yang dimiliki oleh lansia tersebut, setiap orang memang memiliki sifat dasarnya masing-masing, ada yang mudah untuk diatur dan tidak mudah membantah, namun tidak jarang juga diantaranya yang judes dan agak kasar. Perawat harus memiliki kesabaran yang ekstra di dalam menghadapi sifat bawaan tersebut. Jangan sampai sifat lansia ini nantinya justru membuat diri mereka jadi mudah mengalami stress.

5. Rasa empati yang tinggi, sensitifitas ketika sudah menginjak usia tua memang menjadi sangat tinggi, mereka jadi seperti anak-anak yang sangat mudah untuk terbawa oleh perasaan, untuk itulah nantinya perawat harus mampu menunjukkan rasa empatinya kepada mereka.

6. Mampu mendorong mereka untuk menjadi lebih mandiri, meskipun pada dasarnya di saat usia sudah menginjak tua banyak yang mulai malas melakukan segala sesuatunya, mulai dari makan terkadang para lansia minta disuapi, ingin selalu duduk di atas kursi roda dan sebagainya, tidak mau melakukan aktivitas lain, hal ini tidak benar, pada perawat justru harus mendorong mereka untuk lebih mandiri, karena sangat berhubungan dengan kesehatan dan juga agar kemampuan kerja tubuh tidak semakin menurun.

7. Harus memiliki rasa humor, tidak bisa dipungkiri jika ada kalanya lansia bosan hanya berada di dalam rumah dengan perawat saja, untuk mencairkan suasana akan lebih baik dengan mengajaknya bercanda dengan menceritakan hal-hal lucu, sehingga nantinya pasien akan menjadi lebih terhibur dengan keberadaan Anda tersebut. Karena pada dasarnya mereka juga sangat senang diajak tertawa.

8. Utamakan lansia sendiri yang memilihnya, ini adalah tips khusus, dimana terkadang para pasien sendirilah yang akan menunjuk mana perawat untuk lansia yang paling cocok dengan mereka.

Gampang-gampang susah memang mendapatkan perawat lansia yang tepat, apalagi keberadaan jasa perawat untuk orang tua ini di Indonesia juga terbilang sedikit dibandingkan dengan luar negeri. Agaknya Anda sendiri juga harus mengenali beberapa tanda yang menunjukkan bahwa para orang tua di rumah sebenarnya sudah sangat membutuhkan jasa yang satu ini, diantaranya adalah:

1. Sudah kesulitan dari posisi duduk ataupun berbaring, semakin bertambahnya usia memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya kondisi tubuh juga semakin mengalami penurunan, terkadang sudah tidak ada tenaga atau bahkan beberapa bagian tubuh sulit digerakkan, contoh yang paling sederhana adalah kesulitan bangkit ketika sudah duduk atau berbaring. Artinya mereka sudah membutuhkan bantuan dari orang lain untuk merawatnya.

2. Kesulitan dalam menjaga keseimbangan tubuh, masalah lainnya yang sering kali dialami ketika sudah berusia lanjut adalah keseimbangan yang sudah mulai menurun, dimana mereka akan sering kali jatuh ketika berjalan atau mulai bergoyang saat berdiri. Tentunya sudah tidak bisa dibiarkan sendirian di rumah, karena bisa jadi resiko yang lebih parah nantinya akan terjadi pada orang tua, misalnya adalah jatuh sampai menyebabkan stroke ataupun yang lainnya.

3. Sering kali bingung dan kesulitan dalam mengerjakan berbagai hal yang sudah menjadi keseharian mereka, kebingungan ini dipicu karena penurunan fungsi otak, mereka sudah mulai pikun dan tidak bisa mengerjakan berbagai macam hal yang sebenarnya sudah menjadi bagian dari kesehariannya.

4. Pikun, hal yang satu ini pasti akan terjadi pada setiap orang ketika sudah berusia lanjut, karena kemampuan otak dalam mengingat sudah mulai turun, bahkan tak jarang diantaranya yang menderita Alzheimer, kondisi yang membuat mereka melupakan banyak hal. Bahkan terkadang jika sudah keluar rumah, mereka akan kebingungan untuk kembali ke rumah tersebut, karena ingatannya mulai hilang.

5. Berat badan yang turun, kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah pikun sehingga lupa untuk makan, ataupun juga karena penyakit yang diderita oleh lansia tersebut. Pastinya membuat anak-anak mereka menjadi mulai khawatir, apalagi jika seandainya banyak diantaranya yang tidak dapat menjaga selama 24 jam karena kesibukan di kantor.

6. Mood swing, perubahan suasana hati yang membuatnya terkadang bahagia, namun bisa sekejap menjadi sedih. Bahkan tak jarang yang berperilaku layaknya anak-anak.

7. Sakit, memiliki penyakit tertentu yang membuatnya tidak mampu melakukan banyak aktivitas, bahkan terkadang hanya mampu berbaring di atas ranjang.

Kenali beberapa gejala dia atas dan pastikan untuk segera mempekerjakan perawat lansia di rumah, agar ada yang mengurus segala sesuatu untuk orang tua Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *