Informasi

Inilah Berbagai Jenis Kebutuhan Outdoor yang Wajib Diketahui Oleh Para Pecinta Petualangan

Memiliki hobi yang menantang merupakan salah satu kebanggaan yang bisa dipamerkan pada orang lain. Para pria dan tak sedikit wanita yang memiliki hobi tersebut dimana banyak diantaranya adalah hobi berpetualang di alam bebas. Meski menantang dan mengasyikkan namun tak dipungkiri hobi tersebut memerlukan persiapan khusus untuk bisa melakukannya dengan aman dan nyaman. Berada di luar apalagi di alam bebas tak semudah perkiraan apalagi jika Anda memilih lokasi yang belum sering terjamah manusia seperti di pendakian gunung, belantara hutan, padang pasir hingga berkemah di tepi pantai. Banyak jenis perlengkapan outdoor yang seharusnya dibawa untuk membantu Anda tetap bisa melakukan berbagai hal untuk mengisi waktu dan bertahan hidup. Jika Anda belum mengetahui apa saja yang dibutuhkan, maka berikut ini adalah beberapa daftar produk dari Fjallraven yang merupakan perusahaan kebutuhan outdoor terkemuka di Swedia.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Celana dalam Pria Calvin Klein yang Akan Buat Anda Nyaman Seharian

Fjallraven merupakan brand perlengkapan outdoor yang telah berdiri sejak tahun 1960 di Swedia. Hingga saat ini brand tersebut telah menjadi penghasil perlengkapan outdoor ternama di Swedia dan Eropa yang menghasilkan produk berkualitas dengan design minimalis namun bermanfaat. Bagi Anda yang sering melakukan kegiatan outdoor atau baru ingin memulainya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup di luar apalagi jika Anda berada di lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk. Untuk mengetahui apa saja kebutuhan Anda nanti, produk-produk dari Swedia ini bisa menjadi contoh yang lengkap.

1. Ransel
Ransel merupakan perlengkapan yang sangat penting untuk dimiliki oleh para petualang. Ransel disini bukan sembarang ransel yang biasa digunakan untuk kuliah atau bersekolah. Ransel petualang atau pendaki gunung memiliki jenis yang berbeda dimana manfaatnya bisa digunakan untuk:

– Membawa mantel tidur atau tikar.
– Membawa banyak pakaian dan perlengkapan lainnya.
– Anti air.
– Design yang memungkinkan Anda membawa banyak barang namun tidak membuat tulang punggung cepat sakit.
– Memiliki banyak kantung.

Harga untuk ransel dari Swedia ini berkisar antara 354 Euro. Namun meski pada awalnya merk ini hanya membuat ransel untuk berpetualang kini telah banyak juga ransel untuk keperluan sehari-hari yang juga dipasarkan ke seluruh dunia.

2. Jaket
Menjelajah gunung ataupun pantai, pastinya Anda harus siap dengan suhu ekstrim karena tak ada ruangan yang bisa melindungi Anda dari panas matahari maupun dinginnya angin malam. Karena itu Anda harus membawa sebuah jaket yang bisa diandalkan untuk berbagai jenis cuaca yang bisa saja datang. Jaket dari merk Swedia ini dibuat untuk menahan angin atau suhu dingin karena terbuat dari bahan khusus. Meski begitu di cuaca panas ia akan tetap memberikan hawa sejuk dan nyaman sehingga badan tak cepat merasa gerah. Ada banyak jenis jaket yang dimiliki oleh merk asal Swedia ini yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan ataupun tujuan kegiatan Anda misalnya:

– Jaket gunung.
– Jaket pantai.
– Jaket tambang.
– Jaket sehari-hari.
– Jaket salju atau musim dingin.

Keistimewaan dari jenis jaket ini adalah bahannya yang bisa menyesuaikan dengan suhu badan dan jenisnya yang bermacam-macam sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

3. Ikat pinggang
Ikat pinggang yang dijual oleh merk ini bukanlah sembarang ikat pinggang. Dibuat dari bahan kulit asli yang kuat sehingga mampu digunakan untuk mengikat berbagai benda penting misalnya tempat handphone, tali, senjata hingga digunakan untuk memasang alat keamanan pada tubuh Anda. Akan tetapi untuk menggunakan ikat pinggang ini untuk kebutuhan keamanan, Anda juga harus menggunakan celana dari merk yang sama sehingga kuat untuk menahan beban tubuh Anda ketika ditarik dengan tali pengaman.

4. Tenda
Berada di alam luar yang bebas pastinya Anda memerlukan sebuah rumah portable. Penggunaan tenda bisa menjadi alternatif yang paling bijaksana dibandingkan hanya tidur di kantung tidur saja. Dengan tenda Anda bisa menghindarkan diri dari bahaya alam bebas misalnya hewan buas hingga angin kencang. Tenda yang dijual di sini memiliki banyak jenisnya misalnya:

– Tenda single.
– Tenda ukuran besar.
– Tenda bunker.
– Tenda limas.
– Dsb.

Harga tenda dari Swedia ini memang dikenal mahal, akan tetapi Anda akan merasa puas dengan kualitas yang diberikan. Mahalnya harga tenda tersebut memang sesuai karena bahan yang digunakan anti air dan tebal sehingga dapat mencegah masuknya angin ke badan Anda. Selain itu rangka yang digunakan berbahan stainless membuat tenda Anda tak mudah rusak untuk penggunaan jangka panjang. Dibuat dengan sistem yang efisien sehingga mudah untuk dipasang serta dibongkar kembali. Penyimpanan dan cara membawanya pun lebih sederhana disesuaikan dengan keadaan ketika tak ada alat transportasi yang mengantar Anda kemanapun.

5. Kantung tidur
Jika Anda adalah petualang di kota besar, mungkin Anda tak akan memerlukan tenda untuk tempat beristirahat. Yang Anda perlukan adalah sebuah kantung tidur hangat lengkap dengan bantal dan selimutnya. Dengan kantung tidur tersebut Anda bisa tidur dimana saja dengan hangat dan lelap asalkan tempatnya aman dari binatang buas dan manusia jahat.

6. Kompor atau tremors
Kompor portable juga merupakan perlengkapan yang sangat penting untuk bertahan hidup di alam bebas. Bayangkan jika Anda mendaki gunung yang tinggi sehingga mungkin memerlukan waktu berhari-hari tanpa adanya warung atau pemukiman penduduk. Anda harus bertahan diri dengan menggunakan perlengkapan yang dibawa. Membawa kompor portable menjadi penting untuk mempersiapkan makanan dan minuman hangat. Jangan lupa untuk mematikan api dengan sempurna untuk mencegah kebakaran. Selain kompor, bawalah juga tremors kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan air matang agar bisa panas lebih lama.

7. Sepatu
Penggunaan sepatu sangat dianjurkan dibandingkan sandal. Dengan sepatu telapak kaki hingga mata kaki Anda akan lebih terlindungi dari area perjalanan yang bisa saja terjal. Selain itu alas sepatu akan bisa mencengkeram lebih kuat jika jalanan yang dilalui licin atau terjal dibandingkan dengan sandal. Untuk kebutuhan hiking, ada sepatu khusus yang diciptakan oleh Fjallraven untuk memastikan langkah kaki Anda tidak slip yang berakibat pada kecelakaan.

Selain perlengkapan outdoor di atas masih banyak lagi perlengkapan lain yang harus Anda sediakan dan bawa untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Anda ketika berpetualang. Namun jenis perlengkapan tersebut sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu agar sesuai dengan lokasi yang dituju, iklim dan kondisi lainnya. Jangan sampai Anda membawa perlengkapan yang salah dimana nantinya tak terpakai dan hanya memberatkan Anda diperjalanan. Karena perlengkapan yang dibawa bisa menentukan keselamatan Anda, jangan ragu untuk membeli perlengkapan yang mahal karena harga terkadang juga menentukan kualitas produk. jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dengan melakukan latihan sebelum berangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *