Ini Dia 6 Jenis Program Beasiswa Dikti yang Bisa Membantu Pendidikan Anda

Dana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk membantu mendukung pendidikan anak-anak berprestasi namun kurang mampu di Indonesia memang terbilang begitu besar. Sebut saja diantaranya adalah program beasiswa Dikti S1, ini adalah jenis beasiswa yang sangat banyak jenisnya dan juga besar jumlahnya dan paling diburu oleh anak-anak yang tidak mampu untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga pada dasarnya memang tidak ada alasan untuk putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan hanya karena kurang beruntung dari segi finansial.

Karena setiap tahunnya Kementerian Ristek Dikti ini selalu menawarkan program bantuan pendidikan, mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3 juga ada. bahkan tak hanya mencangkup biaya pendidikannya saja, melainkan juga ada biaya hidup untuk tanggungan yang diberikan mereka. Sangat menarik bukan? Tak heran jika banyak yang berburu program beasiswa ini untuk melanjutkan pendidikannya. Berikut ini diantaranya ragam beasiswa Dikti yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, yaitu:

  1. Beasiswa BPP-DN, beasiswa ini untuk jenjang pascasarjana di dalam negeri yang ditawarkan secara khusus untuk tenaga pengajar, baik itu guru maupun dosen, di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Selain biaya pendidikan, maka program beasiswa ini juga akan memberikan biaya tunjangan untuk hidup, biaya domisili, biaya penelitian, biaya buku dan sebagainya, sangat menarik bukan.
  2. Beasiswa BPP-LN, ini adalah beasiswa yang hampir mirip dengan BPP-DN, hanya saja khusus digunakan oleh mereka yang ingin melanjutkan study magister atau pascasarjana ke luar negeri. Syarat yang diberikan memang lebih banyak dan juga ribet, namun juga memberikan banyak sekali tunjangan yang sangat menarik untuk para mahasiswa, sehingga tidak ada salahnya jika memang tertarik untuk mendaftar.
  3. Beasiswa PKPI, beasiswa ini untuk jenjang pendidikan S2 dan juga S3 yang nantinya ingin membuat sebuah publikasi ilmiah atau jurnal internasional yang bereputasi. Ini merupakan sebuah program non gelar, namun tetap ada biaya untuk kebutuhan riset, kemudian juga biaya hidup, asuransi, hingga biaya buku sampai dengan tiket untuk penelitian ke luar negeri yang ditawarkan.
  4. Beasiswa Bidikmisi, bisa dikatakan inilah beasiswa yang ditawarkan oleh Dikti yang paling populer bagi anak-anak saat ini, dimana memang program beasiswa tersebut sangat menguntungkan bagi siapa saja, karena tanggungan pendidikan, buku dan bahkan penelitian secara full. Masih ditambah lagi dengan keberadaan atau pemberian uang saku mahasiswa. Tak hanya ditawarkan untuk PTN saja, melainkan juga PTS bergengsi di Indonesia. Umumnya bukan hanya untuk jenjang sarjana saja, melainkan juga magister.
  5. Beasiswa PPA, dikenal juga sebagai beasiswa peningkatan prestasi akademik, biasanya ditujukan untuk strata pendidikan S1 dan juga diploma di perguruan tinggi negeri maupun swasta, diberikan bagi mereka yang memiliki IPK minimal nilai tertentu dan nilai atau nominalnya sebesar 350 ribu setiap bulannya.
  6. Beasiswa PMDSU, program beasiswa untuk Magister dan menuju ke Doktor bagi mereka para sarjana unggulan. Biasanya ditujukan kepada mereka lulusan sarjana terbaik dan tertarik untuk menjadi tenaga pengajar atau dosen sampai dengan menempuh pendidikan S3, nantinya hanya butuh waktu kurang lebih 4 tahun saja.

Bisa memilih dan mendaftar beasiswa Dikti yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, kuota yang ditawarkan setiap tahunnya selalu bertambah sehingga ada peluang besar bagi Anda untuk diterima program beasiswa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *