IELTS Score: Mengulas Tentang Apa Itu IELTS dan Tips Sukses Menjalani Testnya

Sedikit banyak mungkin banyak teman-teman yang sudah mengetahui apa itu IELTS. IELTS yang merupakan singkatan dari International English Language Testing System yang jika diterjemahkan adalah test atau pengujian bahasa Inggris secara internasional. IELTS sendiri dikeluarkan pertama kali pada tahun 1989 sebagai test berstandar internasional untuk kemampuan bahasa Inggris pada mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris. IELTS dimiliki dan dikelola secara bersama-sama oleh 3 organisasi, yaitu British Council, IDP IELTS dan Cambridge English Language Assessment. Bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, seperti Australia, Amerika, United Kingdom, dan negara-negara berbahasa Inggris lainnya wajib menyediakan sertifikat bahasa Inggris berupa IELTS. Hal ini juga diperlukan untuk pengajuan student visa.

Ada persyaratan minimal IELTS score yang harus dicapai agar bisa dipergunakan untuk bekal melanjutkan pendidikan di luar negeri dan inilah yang menjadi tantangan tersendiri. Pada dasarnya, persyaratan ini ditentukan karena Bahasa Inggris akan menjadi bahasa komunikasi wajib selama menempuh pendidikan di luar negeri, sehingga memiliki sertifikat IELTS menjadi syarat utama yang tidak bisa dihindari. IELTS ada dua jenis yang berbeda, yaitu Akademik IELTS dan General Training IELTS. Untuk Akademik IELTS digunakan oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi pada jenjang Sarjana, Master, dan Doktoral. Sedangkan untuk General Training IELTS dapat digunakan untuk keperluan migrasi.

Test IELTS terdiri atas Listening, Speaking, Reading, dan Writing sehingga cukup berbeda dengan test TOEFL. IELTS bertujuan untuk melihat kemampuan bahasa Inggris pada semua tingkatan. Tidak ada kata lulus atau tidak lulus dalam test IELTS. Karena hasil test berupa IELTS score brand dari skala 1 (terendah) hingga 9 (tertinggi). Untuk memasuki universitas tertentu di luar negeri, tentu memiliki standar nilai IELTS yang berbeda-beda sehingga jika Anda ingin meneruskan pendidikan di universitas tersebut, mau tidak mau harus memenuhi nilai test yang disyaratkan pada sertifikat IELTS Anda.

IELTS Band Scores
IELTS Band Scores represent levels of English language ability from 1 to 9. Credits : beyondband6

Seperti untuk memasuki salah satu universitas di Australia misalnya, dimana untuk meneruskan di jenjang Diploma perlu IELTS score minimal 5,5 dan untuk jenjang Sarjana perlu score minimal 6,0. Beberapa lembaga pelatihan bahasa Inggris biasanya mengadakan test IELTS. Sekali test IELTS bisa cukup mahal harganya. Sehingga sangat sayang sekali jika sudah melakukan test namun hasil standar yang diinginkan tidak tercapai. Untuk itu, para pencari sertifikat IELTS sebaiknya melakukan persiapan yang betul-betul matang agar lebih memantapkan score dan kemahiran dalam penggunaan bahasa Inggris.Agar test IELTS score Anda berhasil dan skor yang didapatkan bisa memuaskan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya, antara lain :

1. Persiapkan diri Anda untuk mendengarkan ucapan bahasa Inggris dalam berbagai aksen.

Perlu diketahui, saat test listening (test mendengarkan), rekaman hanya diputar satu kali. Selain itu aksen bahasa Inggris yang digunakan bisa sangat beragam, baik itu aksen orang Amerika, orang Inggris, orang Australia, ataupun orang Amerika. Bagi Anda yang hendak mengikuti test IELTS sangat penting memahami beragam aksen bahasa Inggris. Untuk mengatasi hal ini tentu, Anda harus sering-sering mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris dengan aksen yang berbeda-beda. Salah satu yang bisa Anda coba lakukan, seperti berlangganan podcast berbahasa Inggris atau TV kabel yang menayangkan acara berbahasa Inggris. Bisa juga dengan menonton film yang menggunakan percakapan bahasa Inggris.

2. Membeli buku panduan IELTS

Buku IELTS tentunya berisi seputar test IELTS, yang mana bisa digunakan untuk media Anda belajar persiapan test itu sendiri. Dengan membeli dan mempelajari buku panduan IELTS, Anda bisa memahami dan mengerti terkait tentang test IELTS secara menyeluruh, mulai dari tentang speaking, writing, listening, dan reading.

3. Membaca petunjuk dengan benar dan teliti

Perlu diperhatikan saat test listening Anda harus benar-benar fokus, karena ada jawaban dari pertanyaan yang hanya terdiri dari dua kata saja. Sedangkan pada writing test, perhatikan ketentuan jumlah kata yang ditentukan. Karena jika Anda tidak bisa memenuhi ketentuan syarat minimum kata yang diharuskan, maka nilai bisa dikurangi.

4. Berlatih dengan rutin

Waktu yang diberikan saat listening test hanyalah 40 menit dengan 10 menit terakhir digunakan untuk menyalin jawaban. Manajemen waktu perlu diperhatikan agar Anda bisa menjawab kesemua pertanyaan dengan baik dan benar. Untuk itu, banyak-banyaklah berlatih mengatur waktu sama persis seperti saat menjalani tesnya. Dengan melakukan hal ini, nantinya Anda bisa mencari tahu kelemahan dan kelebihan yang dimiliki. Sehingga misalkan Anda lemah untuk urusan reading test, Anda bisa berlatih dengan lebih giat agar tidak menjadi bumerang saat menjalankan test IELTS yang sebenarnya nanti.

5. Mengatur Strategi

Mengatur waktu dengan sebaik-baiknya saat mengikuti test menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Anda harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik dan seefektif mungkin. Saat listening test, dengarkan dengan seksama dan fokus dengan hal-hal penting yang disampaikan. Begitu juga saat melakukan reading test, segera lihat daftar pertanyaan yang tertera agar bisa mempersingkat waktu dalam mencari jawaban yang benar. Atur strategi yang terbaik agar bisa mengerjakan test IELTS dengan seefektif mungkin.

6. Berlatih Menulis

Agar Anda lancar dan berhasil melewati test membaca dan menulis, maka sebaiknya lakukan latihan sesering mungkin. Latihan yang bisa dilakukan, seperti membaca buku, majalah, artikel, esai, atau bacaan dari internet yang berbahasa Inggris. Tulis kalimat atau kosakata yang baru Anda temui. Dengan membiasakan hal ini secara berulang-ulang, maka tidak akan menutup kemungkinan Anda yang tadinya hanya bisa menulis kata per kata dalam bahasa Inggris akan semakin bisa menulis dalam satu kalimat atau bahkan paragraf utuh.

7. Mencari teman belajar bersama

Untuk mempersiapkan speaking test, ada baiknya Anda berlatih bersama dengan teman yang pandai berbahasa Inggris. Mendapatkan lawan bicara dalam berbahasa Inggris tentunya akan membantu Anda untuk lebih mahir dan percaya diri dalam menggunakannya. Jangan lupa minta kritik dan saran dari teman Anda terkait penguasaan kemampuan speaking Anda. Anda juga bisa merekam latihan yang dilakukan agar memudahkan untuk evaluasi. Ada sedikit banyak saran yang diberikan, maka cobalah untuk melakukan pembenahan agar kemampuan semakin meningkat. Semakin sering berlatih, bisa dipastikan kemampuan bahasa Inggris Anda akan meningkat.

8. Merekam suara sendiri saat melakukan diskusi dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk meningkatkan kemampuan speaking Anda sebaiknya bisa menggunakan cara dengan merekamnya. Dari rekaman ini Anda bisa mengetahui pelafalan atau pengucapan yang mungkin masih perlu perbaikan. Hindari penggunaan kosakata yang terus diulang-ulang.

Itu tadi beberapa tips mempersiapkan test IELTS yang bisa Anda lakukan. Agar IELTS score yang didapatkan bisa mendekati kata sempurna atau setidaknya mencapai standard yang dibutuhkan, maka Anda perlu latihan secara rutin dan sungguh-sungguh. Dengan melakukan latihan maka setidaknya Anda sudah cukup siap untuk menjalani test IELTS yang ada di depan mata. Tak lupa tentunya agar test Anda berjalan dengan lancar harus disertai dengan doa.

Sumber : IDP Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *