BlackBerry, Smartphone Khas yang Tetap Diburu

BlackBerry, sebuah perangkat smartphone yang identik dengan tombol fisik. Smartphone satu ini memiliki sejarah panjang di dunia telekomunikasi, dimulai dari saat menggunakan nama perusahaan Research In Motion (RIM) hingga berubah menjadi BlackBerry.

Perjalanan RIM dimulai dari perilisan pager pada tahun 1999. Sedangkan untuk pasar ponsel, RIM memulainya pada tahun 2002. Kala itu, RIM meluncurkan ponsel seri 5810, yang merupakan perangkat pertama yang mendukung jaringan GSM dan GPRS. BlackBerry seri 5810 menyasar segmen korporat, dibekali layar monokrom dan mengharuskan pengguna menggunakan headset jika ingin melakukan panggilan telepon.

Seiring kesuksesan BlackBerry 5810, RIM pun terus mengembangkan inovasi. Hal ini ditandai dengan peluncuran ponsel dengan hardware audio built-in seri 6710. Melihat antusiasme publik yang tinggi, kemudian pembaruan pun terus dilakukan, dimana BlackBerry membuat perangkat dengan layar berwarna, memiliki desain elegan dan konsisten dengan tombol fisik QWERTY.

Sejak saat itu, BlackBerry mulai mendunia, termasuk di pasar Indonesia. Kala itu angka pengguna BlackBerry yang terus meningkat sehingga semakin banyak pula lapak yang menjual BlackBerry, baik itu toko fisik maupun lapak online. Seri yang saat itu populer di tanah air adalah BlackBerry Curve, Pearl dan Bold yang ditujukan bagi konsumen kalangan atas.

Di samping desain khas, ada beberapa alasan mengapa orang-orang sangat menyukai BlackBerry. Pertama, BlackBerry memiliki layanan chat khusus bernama BBM. Kemudian, perangkat BlackBerry pun memiliki layanan push mail. Sementara yang paling penting adalah sektor keamanan dari BlackBerry yang dinilai sangat baik.

Saat Amerika Serikat mendapat serangan teroris pada tahun 2001 dan melumpuhkan jaringan operator seluler, jaringan BlackBerry tetap berjalan dengan baik, sehingga media masa memuji kehebatan BlackBerry. Lalu, beberapa selebritis papan atas seperti Oprah pun mengakui bahwa BlackBerry merupakan gadget favoritnya. Hal ini pun mendorong BlackBerry sehingga lebih dikenal luas oleh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *