10 Fakta Menarik Seputar Brand NIKE

Menjadi satu brand populer, Nike pasti miliki banyak kenyataan di baliknya. Tidak jarang, banyak kenyataan yang mungkin belumlah di ketahui beberapa orang. Tersebut 10 kenyataan masalah Nike yang mungkin lo belumlah tahu. Langsung teliti, guys!

1. Awalannya diketahui dengan nama “Blue Ribbon Sports”

Sebelum tenar dengan nama “Nike”, brand ini memulai industrinya dengan nama “Blue Ribbon Sports” yang kantornya ada di Oregon. Nike sendiri dibangun pertama-tama pada 25 Januari 184 oleh Philip Knight serta Billy Bowerman. Philip Knight juga adalah seseorang pelari loh serta Billy Bowerman adalah pelatihnya.

Pada awal berdirinya, Nike.Inc jadi perusahaan distributor sepatu dari Jepang, yaitu Onitsuka Tiger. Jalinan mereka juga selalu tersambung sampai 1971. Lantas, pada 1971 Nike mulai membuat produk sendiri dengan nama brand Nike yang dicetuskan Jeff Johnson. Bill Bowerman serta Philip Knight memerlukan seputar Rp16,7 juta.

2. Nama “Nike” datang dari bhs Yunani

Sempat kira tidak sich nyatanya nama “Nike” diambil dari bhs Yunani? Bener gan serta berarti itu kemenangan. Menjadi, dalam histori bangsa Yunani ada nih Dewi Nike yang disebut dewi kemenangan atau kesuksesan. Bill serta Philip sebagai pendiri juga mengharap dari nama “Nike” itu brand mereka dapat sukses serta memberikan kemenangan buat kebanyakan orang dan jadikan mereka seseorang pemenang.

3. Logo “Swoosh” buatan mahasiswa

Yap, logo “swoosh” ciri khas Nike yang saat ini kita kenal itu dibikin oleh mahasiswa design grafis, yaitu Carolyn Davidson. Mahasiswa asal Portland State University itu mendapatkan ide dari sayap Dewi Kemenangan Yunani. Pada saat awal mendesain logo itu, Carolyn Davidson dikasih bayaran seputar Rp487.000,00. Arti logo “swoosh” tersebut ada berbentuk kecepatan serta pergerakan.

4. Slogan “Just Do It” di inspirasi dari pembunuhan berantai

Tidak salah kok gan, memang benar jika slogan “Just Do It” yang digunakan Nike sampai saat ini di inspirasi dari satu pembunuhan berantai Gary Gilmore. Beberapa kata “Just Do It” itu adalah perkataan paling akhir Gary Gilmore sebelum dilakukan mati.

5. Tidak hanya design sepatu untuk kegiatan sehari-hari

Jika sampai kini lo dapat simak sneakers dari Nike ciamik banget untuk kegiatan keseharian, Nike juga seringkali sudah sempat design untuk sepatu lainnya loh Misalnya nih Tinker Hatfield, desainer sepatu Nike membuat Bat boot buat film pertama Batman. Diluar itu ada sepatu Michael J.Fox di film Back to the Future:Part II yang dibuat Nike.

6. Sepatu pertama di inspirasi dari cetakan wafel

Siapa sempat tahu nyatanya cetakan wafel punya istri Bill Bowerman mengilhaminya membangun Nike? Ia memikirkan jika sepatu berolahraga miliki sol bawah dengan alur seperti wafel. Menjadi beberapa atlet dapat lebih gampang lari, tiada takut lagi kepleset. Hak paten masalah pengembangan ini juga didapatkan Bill Bowerman pada 1974.

Sepatu Nike pertama lalu langsung diuji-coba pada Phil Knight. Waktu itu, ia menggunakannya saat malam sebelum laga serta mendapatkan perhatian sendiri dari rekanan satu timnya, yaitu Otis Davis. Pada akhirnya Davis juga coba sepatu itu pada Olimpiadi 1960 perlombaan lari 400 mtr.. Davis bahkan juga mendapatkan medali emas.

7. Kali pertamanya memakai lagu The Beatles untuk iklan

Pada 1987, satu iklan tv pertama-tama ada dengan lagu dari The Beatles dengan lagu “Revolution #9”. Waktu itu, Nike mendapatkan kritikan karena dinilai memakai lagu The Beatles itu tiada izin. Iklan dengan lagu The Beatles selesai pada 1988 serta Nike berpindah bekerja bersama dengan Jogn Lennon.

8. Jordan tidak senang warna sepatu di Air Jordan 1

Salah satunya produk Nike yang demikian melesat sampai saat ini ialah seri Air Jordan. Tetapi, nyatanya gan Michael Jordan sendiri pada koleksi Air Jordan 1 tidak senang dengan warna merah serta hitam yang berada di sepatu itu pertama kalinya lihat.

9. Banyak di produksi di Indonesia

Tidak semua sepatu dari Nike yang dibikin di Amerika Serikat. Nyatanya banyak pula yang di produksi di sejumlah negara lainnya, seperti Indonesia, Cina, serta Vietnam loh.

10. Toko paling besar di Inggris

Nike miliki persebaran toko di banyak negara, tetapi yang paling besar berada di Inggris. Persisnya toko itu ada di Oxford Street, London gan. Luasnya sendiri hampir 4000 mtr. persegi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *